Serat Cariyosipun Nabi Muhammad

Judul : Serat Cariyosipun Nabi Muhammad

Letak : Rekso Pustoko Puro Mangkunegaran

Kode : A.31

Bahasa : Jawa

Tebal : 184 Halaman

Baris : 18 baris/halaman

Aksara : Jawa

Ukuran :  19 × 31

Jenis Kertas : Kertas HVS

Kandungan Serat Cariyosipun Nabi Muhammad

Teks berisi tentang cerita utusan Allah yang bernama Nabi Muhammad. Teks menceritakan awal kelahiran Nabi Muhammad secara detail dan secara rinci sampai mendapatkan wahyu dari Allah. Kemudian proses-proses penyebaran agama Islam ke masyarakat Tanah Arab.

Ajaran yang disampaikan oleh nabi Muhammad yaitu ajaran tentang menyembah Allah SWT. Perjalanan yang dilalui oleh Nabi Muhammad sangat sulit dan mendapat tantangan-tantangan yang luar biasa.

Baca Juga : Serat Paedahipun Qulhu Allah

Pada perjalanan Nabi ditemani oleh 4 sahabat yang sangat setia dan para keluarga yang setia mendampingi Nabi hingga merelakan nyawanya untuk Allah dan Nabi Muhammad.

Di akhir teks dijelaskan bahwa dalam penyebaran agama Nabi harus perang menaklukkan kaum Yahudi dan Nasrani yang akhirnya dimenangkan oleh Nabi Muhammad, dengan pertolonan Allah. Pada teks juga dijelaskan bahwa manusia itu hendaknya taat patuh pada ajaran Tuhan untuk mendapatkan kesempurnaan hidup di dunia maupun di akhirat.

Baca Juga : Serat Al-Fatekah

Keadaan teks sudah rusak dan jilidan juga sudah rusak. Terdapat kolofon naskah yang terdapat pada bagian akhir teks, yaitu:

Telas panulading raweng respati tanggal ping sapta. Sasi Besar ing tun je. Panuju mangsa kasanga. Candrane kang sangkala.  Sarireng Hyang Merah Sunu. Aneng Surakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here