Slamet Saroyo
Pembunuhan Slamet Saroyo

Slamet Saroyo – Puncak teror terjadi pada 3 dan 4 November 1989. Tanggal 3 November, Tim Reevaluasi Kampus Antara yang semuanya berada digerbong BPM dan BKK mengadakat rapat di Kampus Taman Siswa.

Mereka adalah Bambang Irawan, Slamet Saroyo, Syamsul Hadi, Herry Subagyo, Saelan Al Faruqi, Ujang Amri, Fajar Hadiyanto, Umar Soko, Fachruddin, Antonius Hartono, dan beberapa aktivis perempuan seperti Elda Murni, Aniroh, dan Nona.

4 November tiba, Setelah sholat shubuh, mereka bersiap-siap menjalankan rencana yang sudah disepakati pas rapat, untuk mendatangi Pembantu Rektor 3 dan Para pembantu Dekan 3 bidang kemahasiswaan.

Di tengah perjalanan, mereka memutuskan untuk menuju rumah Pembantu Dekan 3 Fakultas Syariah terlebih dahulu. Setelah selesai, pukul 6.30 pagi, rombongan kemudian melanjutkan perjalanan ke rumah Rektor 3 UII, Pak Dahlan Thaib.

Baca Juga : Kronologi Awal Pembunuhan Slamet Saroyo

Slamet Saroyo Dkk, akhirnya selesai bertamu di kediaman Pak Dahlan Thaib, dalam perjalanan pulang menuju jl, Kaliurang KM 7, tiba-tiba Mobil Honda Civic menyalip secara serampangan, melintangi jalan, menghalangi kelompok Slamet Saroyo.

Ternyata , Karel yang menyetir mobil itu, Syamsuddin Tanda duduk di kursi sebalah kiri. Saat mobil berhenti, tampak lelaki keluar dari pintu belakang mobil dengan mengayunkan samurai. Semua penyerang bersenjatakan pedang, sangkur, dan pistol. Serangan tiba-tiba itu sangat mengagetkan.

Berdasarkan Penuturan Fajar Hidayanto, Selamet Saroyo merupakan target penyerangan. Fajar Hidayanto melihat bahwa seseorang mengejar Selamet Saroyo sampai masuk ke perkebunan. Lalu membantai Selamet Saroyo di kebun tersebut.

Baca Juga : Slamet Gaplek Bromocorah Jogja 1983

Slamet Saroyo ditusuk dari Belakang menggunakan pedang hingga menembus bagian dada. Posisi tubuhnya tertelungkup. Terungkap orang yang membunuh Slamet Saroyo yaitu pembunuh bayaran.

Sumber: Buku Gerakan Mahasiswa UII Dekade 1980-an

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here