Daftar nama korban mei 1998

Sonny – Lahir di Jakarta 28 tahun lalu, beralamat di Rumah Susun Tanah Abang, hilang tanggal 26 April 1997 di Jakarta. Sonny yang mantan preman itu aktif di PDI Perjuangan, terutama setelah terjadi peristiwa 27 Juli 1996 yang membuat ia bersimpati kepada kelompok Megawati.

Pius yang sempat berkomunikasi dengan Sonny selama penyekapan mengatakan bahwa pada awalnya Sonny dan Yanni Afri ditangkap pihak Kodim Jakarta Utara dengan tuduhan terlibat dalam kasus peledakan bom di kelapa gading Jakarta.

Setelah ditahan satu malam, mereka berdua kemudian dibebaskan. Namun, belum sempat Sonny beranjak jauh dari kantor Kodim, Sebuah Toyota Hard Top berhenti di depannya dan turunlah empat orang berbadan kekar. Sonny sempat berkeras menolak dan berpegangan pada pagar kantor Kodim.

Baca Juga: Deddy Hamdun Pendukung Fanatik PPP

Ketika petugas Kodim berusaha membantunya, para penculik kemudian mengeluarkan lencana dan membisikkan sesuatua kepada petugas Kodim.

Si pertugas tadi kemudian berbalik malah membantu si penculik membekuk Sonny.

Sonny Bekerja Sebagai Sopir Tembak

Latar belakang keluarga Sonny pun tak jelas. Hingga kini, tak nampak ada keluarga yang mencarinya. Beberapa aktivis menduga, keluarga Sonny berada di tempat yang jauh  dan tak mampu.

Aktifitas keseharian Sonny sendiri hanya diketahui sebagai sopir tembak, yang hanya sekali-kali nyerep mobil pegangan temannya.

Toh, dalam setiap pertemuan yang melibatkan keluarga korban penculikan, Foto Sonny juga dibawa-bawa oleh keluarga korban lainnya.

Daftar nama korban mei 1998
Daftar korban penculikan.

Baca Juga: Ismail, Tumpuan Keluarga

Beberapa temannya hanya menyebut kehidupan Sonny sebelum diculik cukup pahit. Dia kerja sendiri untuk menghidupi dirinya.

Tetapi apakah benar dia diculik karena aktifitas politiknya? Ori Rahman, anggota Kontras, membenarkannya.

“Saya yakin dia diculik karena aktifitas politiknya, terutama pasca tragedi 27 Juli 1996,” katanya.


Selama bulan Mei, Moeseum.id akan menurunkan berita tentang hiruk pikuk situasi pasca kerusuhan 1998. Semua tulisan berita pasca kerusuhan 1998, bersumber dari konten Tabloid ADIL, yang ditulis ulang oleh Moeseum.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here